Sejarah Hari Waisak (Hari Raya Tri Suci Waisak)

SELAMAT HARI WAISAK KAWAN !
Chris Ferbianto

Berikut adalah sejarah singkat waisak..

Hari Waisak adalah hari untuk memperingati 3 (tiga) peristiwa penting, yaitu hari lahirnya Pangeran Sidharta, Hari Pangeran Sidharta mencapai penerangan sempurna, dan hari Sang Buddha mencapai Parinibbana.

LAHIRNYA PANGERAN SIDHARTA
Pangeran Sidharta lahir pada tahun 623 Sebelum Masehi di taman Lumbini, beliau adalah Putra seorang Raja yang bernama Raja Sudodhana dan seorang Permaisuri yang bernama Ratu Mahamaya.Beliau Lahir sebagai seorang Bodisatva (Calon Buddha).

PANGERAN SIDHARTA MENCAPAI PENERANGAN SEMPURNA
Pada usia 29 tahun Pangeran Sidharta pergi meninggalkan istana, anak dan istri, dan Pangeran Sidharta menuju hutan untuk mencari kebebasan Usia Tua, Sakit, Mati. Dan pada bulan Purnama Sidhi di bulan Waisak Pertapa Sidharta akhirnya mencapai Penerangan Sempurna dan mendapatkan sebuah gelar Sang Buddha.

PENCAPAIAN PARINIBBANA
Sang Buddha wafat pada usia 80 tahun atau PARINIBBANA di Kusinara, semua makhluk memberi penghormatan terakhir kepada Sang Buddha begitu juga para Sangha, mereka bersujud kepada Sang Buddha.

Harapan dari Hari Waisak adalah setiap orang dapat merenungkan perbuatannya dan menebarkan cinta kasih, bukan kebencian sesama manusia, seperti yang tertulis di dhammapada, “Kebencian tidak akan selesai jika dibalas dengan kebencian, tetapi hanya dengan memaafkan dan cinta-kasihlah maka kebencian akan lenyap.”


Sumber Ide Tulisan
Title : Sejarah Hari Waisak (Hari Raya Tri Suci Waisak)
Description : SELAMAT HARI WAISAK KAWAN ! Chris Ferbianto Berikut adalah sejarah singkat waisak.. Hari Wa...

0 Response to "Sejarah Hari Waisak (Hari Raya Tri Suci Waisak)"

Post a Comment